DBR #8 The Hunger Games

The Hunger Games

The Hunger Games - Suzanne Collins

Sinopsis:

Dua puluh empat peserta. Hanya satu pemenang yang selamat.

Amerika Utara musnah sudah. Kini di bekasnya berdiri negara Panem, dengan Capitol sebagai pusat kota yang dikeliling dua belas distrik. Katniss gadis 16 tahun tinggal bersama adik perempuan dan ibunya di distrik termiskin di Distrik12.

Karena pemberontakan di masa lalu terhadap Capitol, setiap tahun masing-masing Distrik harus mengirim seorang anak perempuan dan anak lelaki untuk bertarung sampai mati dan ditayangkan secara langsung di acara televisi “The Hunger Games”. Hanya ada satu pemenang setiap tahun. Tujuannya adalah: membunuh atau dibunuh.

Ketika adik perempuannya terpilih mengikuti Hunger Games, Katniss mengajukan diri untuk menggantikannya. Dan dimulailah pertarungan yang takkan pernah dilupakan Capitol.

(cr: gramedia)

~oOo~

Awalnya, waktu pertama lihat buku ini beberapa tahun yang lalu.. yang terlintas di benak gw adalah..  betapa kuno, tua, dan menyeramkannya cover buku ini. Literally!

Gw bener-bener ga ada niat buat baca. Sori aja deh ya!!! Kayanya buku buat orang gede gituu, buat orang-orang dewasa, ceritanya berarti tergolong : kalo ga thriller, horror, romance, atau apa deh yang serem gitu.

Itu yang gw dulu pikir sebelum akhirnya muter0muter di in-ter-net dan menemukan bahwa blogger-blogger sini demen tuh. dan .. kategorinya tebak apa?

YOUNG ADULTS!

artinya yah, sah-sah saja buat gw kalo mau baca. sah-sah saja, buat umur gw yang masih ijo ini (kedip2 mata) lols.

Anyways. Akhirnya gw memutuskan untuk beli. Dan gw.. ga menyesal. Ga pernah sedetikpun menyesal.

Know what it means?

YEAHHH. It’s a great book!! apalagi genre kesukaan gw adalah.. yeah, action-fiction-fantasy~ memuaskan dahaga lah. lol

Ok. In details..

Waktu kisah dimulai dengan cerita betapa beratnya hidup Katniss, si tokoh utama, bersama keluarga dan teman-temannya, gw udah bisa mulai meramal. Meramal akhirnya. Sebenernya bisa. Pasti bisa lah. Wong sinopsisnya udah jelas gitu. Tapi ga bisa tuh. Padahal biasanya gw udah jadi orang sok tau, trus tutup bukunya dan biarin sampe bulan depan baru dibaca lagi.

Tapi buku ini bikin penasaran. Ga ada jaminan bahwa kisahnya akan berakhir the way I want it. (or imagined it.)

Memang harusnya bisa diprediksi, harusnya tokoh utama menangan! Pas Katniss akhirnya dengan gagahnya menggantikan adiknya, gw bener-bener berasa trenyuh dan memutuskan untuk terus baca.

Penulisnya cukup unik, karena bercerita sambil menjelaskan. Biasanya kalo gw ketemu penulis model begini, jadi bete aja bawaannya. Kayanya ni penulis maksa bener? trus alur juga jadi ga jalan-jalan, ngebosenin, de-el-el. Tapi di buku ini gw malah merasa butuh penjelasan, dan penjelasan si penulis bukan model yang bertele-tele n bikin bosen plus menghentikan alur.

Justru karena ada eksposisi dari si penulis makanya ceritanya jalan. Salut, seolah si penulis bener-bener pegang setir deh ceritanya.

Selain itu, saat menjelaskan karakter, latar belakang, dll, penulis bikin kisahnya mengalir, haluuusss, sampe pembaca ga nyadar mereka dibikin ngerti kenapa hal-hal tertentu terjadi, apa yang sebenarnya terjadi, dijelasin tentang politik di Panem, taktik-taktik tak terpikirkan, kisah-kisah yang ga diceritain secara langsung.

Belum lagi, penulis punya bakat luar biasa dalam hal bikin pembaca nangis bombay. Gw mengaku sebagai salah-satu korbannya. Waktu adegan itu muncul… wahh ga nahan dah. Nangis bener.

Tapi memang, kalo masih dibawah umur, mungkin kisah ini agak terlalu sadis karena berkonten pembunuhan, kesadisan, dan banyak hal lain yang memang belum perlu diketahui oleh anak-anak.. hehehe.

Jadi intinya, I enjoyed this book. A lot!! bener-bener ga nyesel bacanya. Dari awal sampe akhir, kisahnya ga ada bosennya. Ga ada pengulangan, ga ada ide yang ngebosenin, ga ada alur ga penting, semuanya terencana dengan baik dan bener-bener bikin gw salut sama sang penulis.

Suzzane Collins, four thumbs!! 🙂

Jadi buat kalian yang yahh, paling ngga 14++ bisa baca, apalagi yang memang suka cerita fiksi action, taktik perang, de-el-el..

Walaupun tokoh utamanya cewek, kisah ini ga ada cewe-ceweknya. Bener-bener full logical dan seru. Romance alert? ga ada! percaya deh!! romance-nya berbentuk politis, jadi hampir ga berasa mengganggu sama sekali, lol lol. Keren kan?

Belum lagi sebentar lagi film-nya keluar. Can’t wait! baca sebelum nonton!! ga bakal nyesel, sumpaaahh. lol

So that’s all. Yang udah baca, yang belum baca, yang cuma numpang lewat, siapapun! pelase feedback-nya! comment, like, reblog, anything! let me hear your reaction! ^^

thanks for reading!!

..may the odds be ever in your favour..